Review Meetup SDNRG dan Kegiatan Berikutnya

Salam,

 

Alhamdulillah meetup SDNRG (Software Defined Networking Research Group) ITB telah berhasil dilaksanakan pada tanggal 1 November kemarin. Liputan lengkapnya dapat disaksikan  di website SDNRG ITB. Seluruh slide presentasi dan beberapa video telah berhasil diupload ke Slideshare SDNRG ITB dan YouTube channel SDNRG ITB.

Walaupun sudah berjalan 1 bulan sejak meetup kemarin, ada beberapa kegiatan yang sedang direncanakan pelaksanaannya. Beberapa diantaranya adalah:

Tempat diskusi teknologi SDN

Kami membuka tempat diskusi berupa mailing list bagi peserta meetup yang kemarin datang dan yang berhalangan datang. Informasinya ada di sini.

Jika anda lebih suka berdiskusi melalui media sosial, saat ini SDNRG membuka Facebook Group SDNRG ITB dan Twitter @sdnrgitb.

Buku komunitas teknologi SDN

Salah satu kegiatan SDNRG adalah membuat buku komunitas tentang teknologi SDN. Informasi tentang buku komunitas ini dapat dilihat di sini.

Apa sebenarnya isi buku komunitas teknologi SDN ini? Kami kutip dari pembukaannya:

Buku ini merupakan kumpulan artikel-artikel yg ditulis oleh anggota komunitas SDN-RG ITB. Nantinya akan disusun menjadi buku yg lebih sistematis dan terorganisasi dengan lebih baik, dan mungkin akan dibuat terpisah.

Buku Komunitas SDN-RG bersifat umum, untuk semua materi yg terkait dengan Software Defined Network (SDN), Network Function Virtualization (NFV), Virtualisasi, Cloud dan sejenisnya.

Menarik bukan?

Yang menarik adalah, bukan hanya anda dapat membacanya, namun anda dapat juga berkontribusi mengisi buku ini. Bagaimana caranya? Silakan lihat instruksinya di Cara Kontribusi GitBook Komunitas SDNRG ITB.

Workshop

Kami telah meminta peserta meetup pertama SDNRG ITB yang mendaftar untuk mengisi kuisioner yang berisi kesan dan saran bagi meetup SDNRG. Salah satu pertanyaannya adalah, “Saran untuk kegiatan selanjutnya”, dan jawaban terbanyak adalah “workshop”.

Workshop OpenFlow. Anda harus mencobanya sendiri untuk mengerti.

Workshop OpenFlow oleh Pories Ediansyah. Anda harus mencobanya sendiri untuk mengerti.

Oleh karena banyak peserta yang menginginkan SDNRG ITB mengadakan workshop, maka saat ini kami sedang merencanakan workshop teknologi SDN bagi pemula. Beberapa materi yang terbayang adalah instalasi dan oprek Mininet sebagai platform SDN pemula, serta instalasi platform OpenStack yang mudah dipahami bagi pemula.

Kami juga faham bahwa untuk mengenal teknologi SDN bukan hanya memerlukan demo oleh pembicara, namun peserta terpaksa harus “hands-on”, turun tangan untuk mencoba sendiri melakukan instalasi platform SDN.

Kami perkirakan workshop ini dapat dilaksanakan dalam 3 bulan pertama tahun 2015. Tunggu tanggal mainnya ya!

Meetup Berikutnya

Selain workshop, kami juga merencanakan kegiatan meetup SDNRG ITB berikutnya.

Sejak kami mengundang berbagai pihak untuk menghadiri meetup pertama SDNRG ITB sampai acara selesai diselenggarakan, kami mendapatkan respon dari berbagai pihak, termasuk dari beberapa rekan yang bekerja pada vendor networking.

Mereka mengemukakan ketertarikannya untuk mengisi sesi meetup berikutnya tentang teknologi SDN yang mereka miliki. Teknologi SDN yang mereka miliki sangat beragam, mulai dari yang menggunakan teknologi berbasis OpenFlow dan OpenDayLight, lalu ada juga yang menggunakan teknologi berbasis BGP/MPLS untuk melakukan orchestration pada perangkat cloud computing OpenStack, maupun ada juga yang menggunakan platform SDK yang mereka kembangkan untuk berinteraksi dengan berbagai protokol SDN yang ada.

Kami melihat bahwa kehadiran vendor networking ini sangat menarik untuk memberikan tambahan wawasan mengenai bagaimana sebuah teknologi SDN dan NFV dari sebuah vendor dapat dipakai untuk menyelesaikan permasalahan bagi sebuah network, baik itu campus network, datacenter network, maupun service provider network. Mereka memiliki kelebihan dan keterbatasan sendiri, sehingga tidak ada cara lain untuk mengetahui semua itu melainkan dengan cara menghadirkan pakar-pakar dari vendor networking itu untuk berdiskusi mengenai teknologi yang mereka miliki.

Kami sedang mengatur agar acara meetup kedua ini dapat terlaksana dengan baik serta dapat mengakomodasi berbagai pihak untuk dapat memberikan manfaat pengetahuan dan wawasan bagi semua yang mengikuti acara SDNRG ITB ini. Waktu pelaksanaan meetup ini diperkirakan pada awal tahun 2015.

Penutup

Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak yang membantu SDNRG ITB sehingga berbagai kegiatan yang kami selenggarakan dapat terlaksana dengan baik. Kami berharap agar kegiatan ini bermanfaat bagi anda semua.

Wassalam,

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Review Meetup SDNRG dan Kegiatan Berikutnya

  1. Josia Sembiring says:

    Boleh join pak? Saya dari NEC Indonesia. Kebetulan NEC Indonesia salah satu vendor SDN 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *